Dalam Rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, UPB Resmi Kerja Sama Dengan MMWI Tentang Program Kerja

Dalam Rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, UPB Resmi Kerja Sama Dengan MMWI Tentang Program Kerja

PELITABANGSA.AC.ID, (BEKASI) – Secara umum, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Tri Dharma berasal dari Bahasa Sansekerta. Tri berarti tiga dan Dharma berarti kewajiban. Maka Tri Dharma adalah tiga kewajiban yang ada dalam perguruan tinggi.

Tiga kewajiban yang dimaksud adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Setiap komponen yang ada di perguruan tinggi yakni civitas akademika mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini.

Hal ini diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tri Dharma Perguruan Tinggi juga dapat didefinisikan sebagai tujuan yang harus dicapai perguruan tinggi.

Universitas Pelita Bangsa (UPB) merupakan perguruan tinggi baru hasil perubahan bentuk dari penggabungan antara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 664/KPTI/I/2019 tanggal 2 Agustus 2019.

UPB berdiri pada hamparan lahan seluas 11.603 m2 yang beralamatkan di Jalan Inpeksi Kalimalang Tegal Danas Arah DELTAMAS, Cikarang Pusat – Kabupaten Bekasi, yang mana berada di tengah-tengah Pusat Segitiga Emas LIPPO Cikarang/ Meikarta, Jababeka, Delta Mas yang dikelilingi oleh Kawasan Industri terbesar di Asia Tenggara.

Data terbaru jumlah mahasiswa Universitas Pelita Bangsa tahun 2021 ini mencapai angka 13.000 ribu mahasiswa dari berbagai Fakultas yang ada di UPB.

UPB sendiri memiliki moto yaitu (MEGAH), yang dimaksud dari MEGAH adalah M : Moral tinggi E : Entrepreneur G : Gigih dalam berkarya A : Ahli di bidangnya H : Harapan bangsa.

Kamis, 3 Juni 2021 secara resmi Universitas Pelita Bangsa bekerjasama dengan PT. Mizushima Metal Works Indonesia tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, magang kerja, dan knowledge sharing.

Penandatanganan Kerjasama UPB dan MMWI

Dalam proses penandatanganan tersebut Rektor Universitas Pelita Bangsa, Hamzah. M Mardi Putra, S.K.M., M.M mengatakan bahwa antara dunia pendidikan dan industri itu harus saling bersinergi sesuai dengan arahan dari pemerintah.

“Kerjasama antara Universitas Pelita Bangsa dengan PT. Mizushima Metal Works Indonesia dalam rangka tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian masyarakat dan program kerja. Kerjasama dunia pendidikan dan juga dunia industri itu harus segera dilakukan, arahan dari pemerintah juga dunia pendidikan dengan dunia industri harus saling bersinergi, harus saling berkaitan,” ucap Hamzah, Rektor UPB, Kamis (3/06/2021) kemarin.

Adapun dari pihak PT. Mizushima Metal Works Indonesia, Mr. Hithosi Nagano selaku Presiden Director (MMWI) yang didampingi oleh GM PGA MMWI Ipin Arifin, B.Ac berharap nantinya kerjasama antara UPB dan MMWI ini bisa memberika penerang bagi mahasiswa dalam memasuki dunia industri.

Sesi Foto Bersama PJU Universitas Pelita Bangsa dan Presiden Director MMWI

“Dengan kerjasama ini (MMWI) PT. Metal Works Indonesia dapat memberikan penerang tentang dunia kerja, berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa-siswi UPB. Agar nantinya mahasiswa memiliki bekal yang cukup saat memasuki dunia kerja dimasa depan, selamat belajar dan berkarya untuk semua siswa-siswi UPB dan semoga selalu semangat untuk belajar,” tandasnya.

Dalam kerjasama tersebut banyak dihadiri oleh PJU Universitas Pelita Bangsa antara lain Dr. Ir. Supriyanto, M.P. (Wakil Rektor I), Hatta Fahamsyah, S.Sy., M.Sc. (Wakil Rektor II), Preatmi Nurastuti S.E., M.M. (Dekan Febis), Anggun Sari, S.Pt., M.Si. (Dekan Fatek), Ir. Nanang Tedi K., MT. (Kabid Kerjasama) dan Nining Yuningsih, S.Pd.,MM. (Kabid Humas).

Setelah melakukan penandatanganan tersebut, Mr. Hithosi Nagano langsung diajak berkeliling ke beberapa area kampus, mulai dari perpustakaan, lab komputer, lab arsitektur, lab kewirausahaan hingga lab akuntansi.

Mr. Hithosi Nagano sangat berterima kasih kepada Universitas Pelita Bangsa atas sambutan hangat dari awal memulai kerjasama tersebut, kedepanya Mr. Hithosi Nagano mengundang UPB agar bisa berkunjung di MMWI.

Universitas Pelita Bangsa tentunya menyambut dengan senang hati atas tawaran kunjungan tersebut, selebihnya UPB akan terus meluaskan kerjasama-kerjasama dengan perusahaan lainya agar lebih bisa menggelorakan dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mencapai tujuan yang didefinisikan.

Penulis: Syahrul Gunawan – (HUMAS)

Tags

Leave a comment

Open chat
Butuh Bantuan? Hubungi Kami.
Hai, Sobat UPB.
Ada yang bisa kami Bantu?