Lintas Sejarah

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa berdiri sejak tahun 2000 dibawah Yayasan Pelita Bangsa berdasarkan Akte Notaris Henry Siregar, SH Nomor 2 tanggal 19 Mei 2000 dan berkedudukan di Bekasi Jawa Barat, dengan lokasi kampus yang beralamat di Ruko Bekasi Mas Blok D 21-22, Jl. Jenderal Ahmat Yani Kota Bekasi Barat.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa membuka 2 Program Studi yaitu Pertama Program Studi Manajemen Strata Satu, dan kedua Program Studi Akuntansi (Diploma Tiga). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa di dalam perkembangannya sejak beroperasional dari tahun 2001 hingga saat ini terus menerus mengalami peningkatan atau perkembangan yang positif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya besarnya jumlah mahasiswa yang menempuh perkuliahan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa yang semakin banyak. Hingga sekarang sudah berdiri dua gedung, dengan puluhan kelas dan berbagai fasilitas yang menunjang.

 

Sambutan Ketua Yayasan

. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa berdiri sejak tahun 2000 dibawah Yayasan Pelita Bangsa berdasarkan Akte Notaris Henry Siregar, SH Nomor 2 tanggal 19 Mei 2000 dan berkedudukan di Bekasi Jawa Barat, dengan lokasi kampus yang beralamat di Ruko Bekasi Mas Blok D 21-22, Jl. Jenderal Ahmat Yani Kota Bekasi Barat.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa membuka 2 Program Studi yaitu Pertama Program Studi Manajemen Strata Satu, dan kedua Program Studi Akuntansi (Diploma Tiga). Program Studi Manajemen diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI nomor : 15/o/2001 dengan perpanjangan ijin operasional program manajemen No. 38351/D/T/K-IV/2010 dan diakreditasi oleh SK BAN PT dengan Nomor. 011/BAN-PT/AK-XI/S1/VI/2008 tertanggal 20 Juni 2008. Sedangkan program Diploma Tiga Akuntansi diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI dengan SK perpanjangan Program studi nomor: 3861/D/T/K-IV/2009.

Saat ini setelah mengajukan akreditasi bagi prodi Manajemen dan Akuntansi, diperoleh hasil bahwa untuk Prodi manajemen dan Prodi akuntansi mendapat hasil “B”.

 

Sistem Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-PT) adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholders (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah dosen tenaga penunjang serta pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Landasan hukum dari sistem penjaminan mutu merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003 – 2010, dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pelaksanaan penjaminan mutu di perguruan tinggi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, sehingga penjaminan mutu perguruan tinggi (Quality Assurance) sesuatu yang tidak dapat diabaikan lagi oleh perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai tantangan pendidikan tinggi yang antara lain :

  • pengaruh intervensi global dan liberalisasi pendidikan;
  • permasalahan makro nasional seperti : ekonomi, politik, moral dan budaya;
  • globalisasi, keterbukaan, demokrasi, rasionalisasi berpikir, budaya persaingan;
  • peran perguruan tinggi membentuk masyarakat madani;
  • peran perguruan tinggi membentuk masyarakat madani;
  • rendahnya daya saing lulusan dalam tingkat nasional/internasional; dan sebagainya.

Visi, Misi & Tujuan

Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi yang unggul dengan standar mutu tertinggi dalam bidang Teknik Informatika, Teknik Aristektur dan Teknik Lingkungan pada tahun 2020 dengan dilandasi wawasan kebangsaan dan wawasan global serta didukung teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  • Memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiahnya serta memiliki hak atas kekayaan intelektual sebagai aktualisasi pencapaian mutu penelitian di bidang teknik informatika, teknik arsitektur dan teknik lingkungan.
  • Menyelenggarakan, memfasilitasi, dan memotivasi implementasi hasil penelitian untuk diimplementasikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta, dalam maupun luar negri dengan prinsip kesetaraan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

 

Sejalan dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa, Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa menetapkan tujuan sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan globaluntuk menjadi anggota masyarakat yang mampu menerapkan (profesionalisme) dan mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi (akademik).
  • Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dipublikasikan pada kegiatan seminar nasional maupun jurnal nasional yang terakreditasi.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk kepentingan masyarakat luas.
  • Menghasilkan kegiatan kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta dengan prinsip kesetaraan dalam mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Arti Nama & Lambang

Nama Pelita Bangsa dimasukkan oleh para pendiri adalah “keinginan untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang diharapkan menjadi penerang bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni”. Sehingga nama tersebut dikukuhkan menjadi “Pelita Bangsa”.

Tulisan Pelita (warna Biru)
dimasudkan untuk menjadi sumber penerang, kedamaian dan kesejukan dalam masyarakat ilmiah.
Bangsa (warna hitam)
dimasudkan masyrakat ilmiah ini diharapkan ini diharapkan dapat menjadi calon penerus bangsa yang besar dan cerdas.
Merah Putih
merupakan bandera lambing negara republic Indonesia, yang merupakan kebanggaan milik bangsa.