Lintas Sejarah

Universitas Pelita Bangsa (UPB) merupakan perguruan tinggi baru hasil perubahan bentuk dari penggabungan antara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik  Indonesia Nomor : 664/KPTI/I/2019 tanggal 2 Agustus 2019. UPB berdiri pada hamparan lahan seluas 11.603 m2 yang beralamatkan di Jalan Inpeksi Kalimalang Tegal Danas Arah DELTAMAS, Cikarang Pusat – Kabupaten Bekasi.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa berdiri sejak tahun 2000 dibawah Yayasan Pelita Bangsa berdasarkan Akte Notaris Henry Siregar, SH Nomor 2 tanggal 19 Mei 2000 dan berkedudukan di Bekasi Jawa Barat, dengan lokasi kampus yang beralamat di Ruko Bekasi Mas Blok D 21-22, Jl. Jenderal Ahmat Yani Kota Bekasi Barat.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa membuka 2 Program Studi yaitu Pertama Program Studi Manajemen Strata Satu, dan kedua Program Studi Akuntansi (Diploma Tiga). Program Studi Manajemen diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI nomor : 15/o/2001 dengan perpanjangan ijin operasional program manajemen No. 38351/D/T/K-IV/2010 dan diakreditasi oleh SK BAN PT dengan Nomor. 011/BAN-PT/AK-XI/S1/VI/2008 tertanggal 20 Juni 2008. Sedangkan program Diploma Tiga Akuntansi diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI dengan SK perpanjangan Program studi nomor: 3861/D/T/K-IV/2009.

Cita-Cita Pendiri

Universitas Pelita Bangsa berdiri sebagai wujud impian dari pendiri Yayasan Pelita Bangsa, yaitu Bapak Ir. Mardiyana, MM. yang berasal dari Klaten dan dari keluarga yang sederhana. Dengan pengalaman beliau saat menempuh pendidikan di Universitas Gajah Mada maka beliau bermimpi agar penduduk Kota dan Kabupaten Bekasi dapat meninkmati pendidikan minimal sampai jenjang sarjana, meski berasal dari keluarga yang sederhana. Bapak Ir. Moh. Mardiyana, MM. menikah dengan Dra. Koes Indrati Prasetyorini.,MM pada tahun 1991. Pada saat itu beliau memimpikan masyarakat madani melalui pendidikan setara S1 yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Beliau juga mempunyai motto MEGAH yang dipakai sebagai motto Universitas Pelita Bangsa.

Maksud dari MEGAH adalah

M : Moral tinggi
E : Entrepreneur
G : Gigih dalam berkarya
A : Ahli di bidangnya
H : Harapan bangsa

Struktur Organisasi

Visi, Misi & Tujuan

Menjadi Universitas berkelas internasional sebagai pusat pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni untuk menghasilkan alumni yang memiliki pola pikir, sikap dan perilaku profesional berkarakter kewirausahaan pada tahun 2037.

  • Menghasilkan lulusan unggul dalam bidangnya yang memiliki jiwa kewirausahaan serta pola pikir, sikap dan perilaku professional.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang mengedepankan mutu pelayanan.
  • Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atas dasar kemajuan Iptek serta tanggungjawab sosial demi kepentingan masyarakat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
  • Mengembangkan tata kelola universitas yang baik (good university governance) secara berkelanjutan.

 

  • Meningkatnya kualitas lulusan mampu berkompetisi ditingkat regional, nasional dan internasional.
  • Terselenggaranya tridarma Perguruan Tinggi yang berbasis Sistem Manajemen Mutu.
  • Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian untuk mengembangkan proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan proses pembelajaran dan pengembangan Iptek.
  • Terwujudnya tata kelola universitas yang baik (good university governance).

Arti Nama & Lambang

Nama Pelita Bangsa memiliki arti “keinginan untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang diharapkan menjadi penerang bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni”.

Gambar Obor 
dimasudkan untuk menjadi pelita / sumber penerang, kedamaian dan kesejukan dalam masyarakat ilmiah.
Gambar Bola Dunia
dimaksudkan untuk mewujudkan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, dapat diakses oleh masyarakat luas dan mampu bersaing secara global.
Gambar Buku
dimaksudkan untuk mewujudkan calon penerus bangsa yang cerdas dengan penerapan keilmuan yang mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
Tulisan “MEGAH”
merupakan motto Universitas Pelita Bangsa untuk menciptakan lulusan yang bermoral tinggi, berjiwa entrepreneur, gigih, memiliki kompetensi intelektual, dan menjadi harapan bangsa.