Lintas Sejarah

Universitas Pelita Bangsa (UPB) merupakan perguruan tinggi baru hasil perubahan bentuk dari penggabungan antara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik  Indonesia Nomor : 664/KPTI/I/2019 tanggal 2 Agustus 2019. UPB berdiri pada hamparan lahan seluas 11.603 m2yang beralamatkan di Jalan Inpeksi Kalimalang Tegal Danas Arah DELTAMAS, Cikarang Pusat – Kabupaten Bekasi,yang mana berada di tengah-tengah Pusat Segitiga Emas LIPPO Cikarang/ Meikarta, Jababeka, Delta Mas yang dikelilingi oleh Kawasan Industri terbesar di Asia Tenggara

Cita-Cita Pendiri

Universitas Pelita Bangsa berdiri sebagai wujud impian dari pendiri Yayasan Pelita Bangsa, yaitu Bapak Ir. Mardiyana, MM. yang berasal dari Klaten dan dari keluarga yang sederhana. Dengan pengalaman beliau saat menempuh pendidikan di Universitas Gajah Mada maka beliau bermimpi agar penduduk Kota dan Kabupaten Bekasi dapat meninkmati pendidikan minimal sampai jenjang sarjana, meski berasal dari keluarga yang sederhana. Bapak Ir. Moh. Mardiyana, MM. menikah dengan Dra. Koes Indrati Prasetyorini.,MM pada tahun 1991. Pada saat itu beliau memimpikan masyarakat madani melalui pendidikan setara S1 yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Beliau juga mempunyai motto MEGAH yang dipakai sebagai motto Universitas Pelita Bangsa.

Maksud dari MEGAH adalah

M : Moral tinggi
E : Entrepreneur
G : Gigih dalam berkarya
A : Ahli di bidangnya
H : Harapan bangsa

Struktur Organisasi

Visi, Misi & Tujuan

Visi Universitas Pelita Bangsa adalah menjadi entrepreneur universityberkelas internasional pada tahun 2045.

  • Misi Universitas Pelita Bangsa adalah :
    1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan kompetitif.
    2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), buku ajar, kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mensosialisasikan/ mengimplementasikan hasil-hasil penelitian yang berupa publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
    4. Mengembangkan profesionalitas, kapabilitas dan akuntabilitas dalam tata kelola Universitas secaraentrepreneurial.
  • Tujuan Universitas Pelita Bangsa adalah :
    1. Terbentuknya lulusan yang memiliki profil MEGAH, keunggulan nasional dan internasional serta dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan olahraga;
    2. Terwujudkannya karya-karya penelitian yang terpublikasi pada jurnal terakreditasi nasional maupun internasional;
    3. Terciptanya karya-karya penelitian yang dipatenkan dalam bentuk Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI);
    4. Terciptanya buku ajar yang berbasis karya-karya penelitian;
    5. Terwujudkannya rekomendasi yang berupa kebijakan-kebijakan publik berbasis hasil-hasil penelitian;
    6. Terciptanya karya-karya teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
    7. Terbentuknya masyarakat madani pada komunitas masyarakat wilayah binaan.
    8. Terwujudnya tata kelola Universitas yang profesional, kapabel dan akuntabel serta berjiwa entrepreneur.

Arti Nama & Lambang

Lambang UPB berupa gedung bertuliskan MEGAH berwarna biru dengan obor merah yang menyala ditopang oleh buku dilingkupibola dunia yang dikelilingi oleh tulisan Universitas Pelita Bangsa.

Tulisan Universitas Pelita Bangsa

Memiliki arti Universitas yang berkeinginan untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang diharapkan menjadi penerang bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni
Gambar Obor
Memiliki arti menjadi pelita / sumber penerang, kedamaian dan kesejukan dalam masyarakat ilmiah.
Gambar Bola Dunia
Memiliki arti mewujudkan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, dapat diakses oleh masyarakat luas dan mampu bersaing secara global.
Gambar Buku
Memiliki arti mewujudkan calon penerus bangsa yang cerdas dengan penerapan keilmuan yang mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
Gedung bertuliskan “MEGAH”
Merupakan motto Universitas Pelita Bangsa untuk menciptakan lulusan yang bermoral tinggi, berjiwa entrepreneur, gigih, memiliki kompetensi intelektual, dan menjadi harapan bangsa. Universitas Pelita Bangsa memilikilambang lingkaran yang menimbulkan komitmen Universitas Pelita Bangsa pada keunggulan