S1 Teknik Informatika

Pelita Bangsa13

Program Studi S1 Teknik Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya.

Fokus Studi pada Program Studi S1 Teknik Informatika ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Informasi Program Studi Teknik Informatika

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Informatika dengan kompetensi keahlian pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak serta Jaringan dan Keamanan Komputeryang unggul, memiliki lulusan dengan pola pikir, sikap, perilaku profesional yang berwawasan kebangsaan dan global pada tahun 2020.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang teknik informatika yang efektif dan efisien.
2. Memfasilitasi pengkajian dan penelitian dalam bidang teknik informatika, khususnya bidang mobile programing dan rekayasa perangkat lunak.
3. Memfasilitasi pelaksanaan dan implementasi hasil penelitian dan inovasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
4. Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta baik dalam dan luar negeri dengan prinsip kesetaraan untuk mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

Sejalan dengan tujuan penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa, Prodi Teknik Informatika menetapkan tujuan sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan cerdas berwawasan kebangsaan dan global yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik informatika.
2. Menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di dunia kerja.
3. Menghasilkan karya ilmiah atau penelitian yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik informatika.
4. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional yang bereputasi.
5. Menyebarluaskan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik informatika untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.